Pengertian Ilmu Gizi - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Wednesday 5 June 2019

Pengertian Ilmu Gizi


YakusaBlog- Ilmu gizi adalah suatu cabang pengetahuan yang khusus mempelajari hubungan antara makanan yang kita makan dan kesehatan tubuh. Hal ini dapat dijelaskan dalam uraian berikut;
Apabila kita makan sepotong roti berarti kita telah memasukkan zat-zat atau unsur berupa zat tepung ke dalam tubuh kita. Sejak roti yang kita makan itu masuk ke dalam mulut, oleh zat-zat yang dibuat oleh kelenjar ludah, akan dipecahkan ke dalam bagian-bagian yang lebih sederhana. Setelah roti itu mengalami pemecahan awal di dalam mulut, masuk ke dalam usus, di dalam usus disederhanakan lagi sehingga akhirnya berubah menjadi molekul-molekul tunggal yang dengan mudah dapat memasuki peredaran darah untuk diangkut ke dalam hati dan kemudian disebarkan  ke seluruh tubuh.
Zat tepung yang sudah dalam bentuk molekul-molekul tunggal ini (monosakarida), dengan bantuan zat asam (oksigen) di dalam otot akan dipecah guna mendapatkan tenaga. Tenaga yang timbul dari hasil pembakaran monosakarida itu digunakan tubuh untuk bergerak.
Jadi dengan kata lain, masukknya sepotong roti ke dalam tubuh akan menimbulkan rangkaian peristiwa, sehingga dalam keadaan tertentu tubuh kita mendapatkan tenaga yang diperlukan untuk bergerak.
Kejadian yang serupa akan terjadi bila kita makan jenis makanan lain, seperti ikan, daging, ataupun suatu hidangan lengkap. Rangkaian kejadian yang ditimbulkan oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh, serta keadaan tertentu yang terjadi dalam tubuh sebagai akibat masuknya makanan tadi, secara khusus akan dipelajari dalam ilmu gizi.
Akan tetapi, persolan-persoalan yang dibahas dalam ilmu gizi tidaklah terbatas pada hal itu saja. Di samping mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi dalam tubu, keadaan-keadaan yang ditimbulkan oleh masukknya makanan ke dalam tubuh, juga dipelajari hal-hal lain, baik yang menyangkut cara untuk mencegah terjadinya kekurangan unsur-unsur makanan maupun faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang tidak cukup memperoleh zat-zat makanan yang diperlukan tubuh.[]

Sumber tulisan: Sjahmien Moehji (Ahli Gizi) dalam bukunya yang berjudul Ilmu Gizi; Pengetahuan Dasar Ilmu Gizi, Bhrata Niaga Media, Jakarta, 2002, hal. 1-2.

1 comment:

  1. ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
    menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
    hanya dengan minimal deposit 10.000
    untuk info lebih jelas segera di add saja Whatshapp : +8558778142
    ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya ^-^

    ReplyDelete