Innalillah, Ketum HMI Cabang Medan Dipanggil Allah - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Monday 4 March 2019

Innalillah, Ketum HMI Cabang Medan Dipanggil Allah


YakusaBlog- Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berduka cita telah berpulang ke Rahmatullah, Kanda Tengku Suhaimi Harun bin Tengku Harun bin Tengku Bahagi. Beliau adalah Ketua Umum HMI Cabang Medan periode 1960-1961. Beliau tutup usia pada 4 Maret 2019, pukul 14.50 Wib di Jakarta. Umur beliau meninggalkan kita semua, memenuhi panggilaan Allah Swt, tepat 81 tahun.
Betapa berdukanya saya ketika mendapatkan informasi wafatnya beliau dari Bang Ikbal, salah satu anak laki-laki dari Ketua Umum HMI Cabang Medan periode 1960-1961 yang saya hormati. Alhamdulillah, sebelum ia dipanggil oleh Allah di tahun 2019 ini, di tahun 2018 saya sempat bertemu dan banyak berdiskusi dengan beliau walau hanya memberikan sisa-sisa ingatannya semenjak menjadi kader HMI sekaligus menjadi Ketua Umum HMI Cabang Medan periode 1960-1961.

Ket.gbr: Waktu masih muda dan baru bersama Sang Istri
Saya masih ingat apa yang disampaikan oleh Almarhum dan saya catat dalam catatan harian saya ketika bertemu dengannya. Waktu itu saya bertemu dengan almarhum, saya bersama Kabid PA HMI Cabang Medan periode 2017-2018 sebelum reshuffle, Fadel Muhammad. Almarhum banyak menyampaikan kegiatan-kegiatan mereka yang bersentuhan langsung dengan ummat. Dan, semasa bercabang, tahun-tahun mereka sangat genting dengan permusuhan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca juga: Maaf Kanda, Aku Tak Bisa Jadi Timses!
Nah, menurut cerita dari Beliau waktu itu, dia sempat diculik oleh beberapa aktivis PKI. Alhamdulillah, pada masa itu, ia diselamatkan oleh Allah Swt. Perjuangan Beliau bersama teman-temannya waktu itu sangat berat.  Rutinitas yang paling ia sukai sewaktu ber-HMI di Medan adalah ketika turun dan menginap bersama masyarakat.
Beliau berasal dari HMI Komisariat FK USU dan istri beliau dari HMI Komisariat FH USU dan pernah menjabat sebagai Ketua Kohati FH USU.
Sungguh. Sungguh saya pun sedih. Atas informasi yang disampaikan oleh Bang Ikbal lewat SMS ke Hp saya. Tetapi apa hendak kita perbuat, Allah Swt telah memanggilnya dan mudah-mudahan ditempat di sisi-Nya serta menghadiahkan Jannah kepada almarhum.

Ket.gbr: Foto bersama putra-putri kebanggaan Beliau dan Sang Istri
Sesuai pesan dari salah satu putranya, setiap kita semua yang pernah akrab dan bersentuhan langsung dengan almarhum, sebagai manusia biasa tentunya pernah berbuat dosa, untuk itu dari pihak keluarga kiranya mohon memaafkan segala kekhilafan almarhum dan mohon do’a agar dilapangkan jalan pulangnya menghadap Allah Ta’ala. Serta, semoga Allah mengampuni dosa-dosa beliau dan menerima amal ibadah beliau semasa hidup dan juga kepada keluarga yang ditinggalkan kiranya bersabar. Amiin.

Ket.gbr: Semasa Beliau (Sebelah kiri) masih ber-HMI
Segenap kepada kita semua, mari mengirimkan do’a seraya membacakan, Allahummaghfirlahu…dst. Juga  Alfathihah…!!![]

Penulis: Ibnu Arsib (Bukan siapa-siapa, hanya manusia biasa).

No comments:

Post a Comment