Zainul Arifin Nahkodai HMI Komisariat Sabilillah Periode 2018-2019 - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Wednesday 3 October 2018

Zainul Arifin Nahkodai HMI Komisariat Sabilillah Periode 2018-2019


YakusaBlog- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sabilillah Cabang Labuhanbatu Raya periode 2017-2018 gelar Rapat Anggota Komisariat (RAK) ke-V di Sekretariat HMI Komisariat Sabilillah, Jln. Dewi Sartika Rantauprapat pada hari Minggu pagi (23/9/18).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Formateur/Ketua Umum HMI Cabang Labuhanbau Raya, Rahmad Jainuri, serta Fungsionaris Komisariat Sabilillah, dan kader-kader HMI se-kawasan Cabang Labuhanbatu Raya.
Amiruddin, mewakili ketua panitia dalam laporannya mengatakan, sebanyak lima puluh orang lebih kader HMI Komisariat Sabilillah yang akan mengikuti forum pengambilan keputusan tertinggi di tingkat Komisariat tersebut.
“Ucapan terimakasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelenggarakan Rapat Anggota Komisariat ini, yang mana forum ini merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi dalam HMI di tingkat Komisariat, seogianya lima puluh orang lebih peserta penuh yang akan mengikuti RAK ini, namun mungkin karena kesibukan sehingga banyak teman-teman tidak bisa berhadir, kita berharap acara ini dapat selesai dengan sebaik-baiknya” Papar Amir.
Hal senada disampaikan oleh Mhd. Tafsir Tambunan, Ketua Umum HMI Komisariat Sabilillah periode 2017-2018 saat ditemui setelah dilaksanakannya pembukaan ceremony, menurut Tafsir, selain untuk memilih ketua umum selanjutnya, RAK juga merupakan momentum untuk merajut tali silatuhmi sesame kader HMI khususnya komisariat.
“Setelah pembukaan ceremony ini, insya Allah sebentar lagi kita akan memasuki agenda forum RAK, dan perlu kita ketahui, selain untuk memilih ketua umum selanjutnya nanti, RAK adalah momentum untuk kader HMI bertatap muka dan bersilaturahmi, semoga acara ini dapat berjalan dengan lancer” Pungkas Tafsir.
Sementara itu, Formateur HMI Cabang Labuhanbatu Raya, Rahmad Jainuri, dalam sambutannya mengatakan, terdapat tiga hal penting yang menjadi substansi Rapat Anggota Komisariat (RAK) di internal HMI.
“ Ada tiga hal yang menjadi substansi Rapat Anggota Komisariat (RAK), yaitu evaluasi, proyeksi dan regenerasi”
Jainuri berharap, agar momentum RAK dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran bagi setiap kader HMI ditingkat Komisariat.
“Kita berharap, momentum ini dapat kita jadikan sebagai proses pembelajaran bagi kita semua, sebab dalam RAK bukan hanya terfokus kepada Regenerasi saja atau pemilihan ketua umum, melainkan RAK juga merupakan forum untuk mengevaluasi hal-hal yang belum tercapai oleh kepengurusan sebelumnya, serta RAK juga merupakan tempat bagi kader untuk menyusun agenda program kerja komisariat kedepan” Ucap Jainuri.
Rapat Anggota Komisariat (RAK) ke-V tersebut berjalan dengan lancar sampai ke sore hari, dan akhirnya menetapkan Zainul Arifin sebagai Formateur/Ketua Umum HMI Komisariat Sabilillah periode 2018-2019.
Sebelumnya, saat berlangsungnya RAK, terdapat dua orang kandidat yang dicalonkan oleh peserta Rapat, yakni Zainul Arifin, selaku mahasiswa program studi Teknik Informatika dan Risky Syahbana Rambe selaku mahasiswa program studi Manajemen.
Karena musyawarah mufakat tidak menemukan hasil, akhirnya peserta Rapat sepakat untuk melakukan proses voting, hingga pada akhirnya, dari total keseluruhan 22 suara peserta utusan yang berhadir, Zainul Arifin memperoleh 12 suara dan Risky Syahbana Rambe memperoleh 10 suara.
Dalam perjalanan Rapat Anggota Komisariat (RAK) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sabilillah, RAK kali ini adalah RAK yang cukup bersejarah bagi kader-kadernya. Sebab, dalam perjalanan RAK sebelum-sebelumnya, baik ketika tepilihnya ketua umum pertama Abdul Gani Rambe, ketua umum kedua Arifin Siregar, ketua umum ketiga Doly. A.T. Simanjuntak hingga ketua umum keempat Mhd. Tafsir Tambunan, belum pernah terjadi proses voting saat hendak mengangkat ketua umum, melainkan proses musyawarah mufakat. Hal ini tentunya menjadi aura baru dalam tubuh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sabilillah.
Semoga, ditangan nahkoda baru kali ini, komisariat yang masih terbilang belia ini, dapat lebih baik lagi kedepannya. Aamiin.
Perjuanganmu Bangkitmu,
Yakin Usaha Sampai.
Penulis : M. Qobullah Siregar


Ket.Gbr: Zainul Arifin, Ketua Umum Koms. Sabilillah Periode 2018-2019.

No comments:

Post a Comment