Kunci-Kunci Kemenangan Dalam Berperang - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Monday 18 December 2017

Kunci-Kunci Kemenangan Dalam Berperang

YakusaBlog- Dalam memenangkan suatu peperangan, ada tiga tingkatan pokok yang harus dipenuhi. Pertama, tingkat politik. Kedua, tingkat taktik. Dan ketiga, tingkat strategi. Politik melahirkan perang, politik menentukan tujuan perang. Taktik maksudnya, cara menjalankan pertempuran-pertempuran. Sedangkan strategi akan menghubungkan politik dan taktik, artinya pada satu pihak strategi itu menentukan rencana-rencana mengenai tempat dan waktu untuk pertempuran, jadi strategi dan taktik dipergunakan untuk mencapai tujuan perang.

Baca juga: Pengaruh Islam Dalam Dunia Perang
Batas di antara ketiga hal tadi tidak terlalu tajam. Dapat kita katakan bahwa politik memberikan tugas dan tujuan bagi strategi, seterusnya strategi memberikan tugas kepada taktik. Akan tetapi sebaliknya, strategi tergantung dari hasil-hasil yang dicapai atau tidak dicapai oleh taktik.
Tetaplah politik yang mempergunakan strategi, dan strategi yang mempergunakan taktik, walaupun dalam mempergunakan itu, politik harus memahami dan mengetahui batas-batas kemungkinan yang dapat diharapkan dan dituntutnya dari strategi.
Selain yang tiga hal tersebut, ada juga faktor pendukung sehingga berhasilnya dalam peperangan, yaitu adalah logistik. Maksudnya, rencana politik, strategi dan taktik dapat disusun sesempurna-sempurnanya dan ditentukan sebaik-baiknya, akan tetapi jelas bahwa untuk melaksanakan rencana-rencana itu harus disediakan dan harus dipelihara tenaga manusia, senjata-senjata dan alat-alat. Inilah yang dimaksud dengan kata logistik dalam perang tersebut.
Dengan kata lain, orang-orang (militer atau pelaku perang), binatang-binatang yang digunakan untuk perang tentunya harus makan. Pegantian pakaian harus disediakan. Yang sakit dan luka harus dirawat dan diangkut. Peluru dan minyak harus disediakan. Senjata-senjata dan alat-alat yang rusak atau hilang harus diganti. Semunya itu harus harus disediakan dan diangkut ketempat dan pada waktu yang harus tepat, guna melancarkan rencana-rencana strategi dan rencana-rencana taktik tadi. Politik, Strategi, Taktik dan Logistik adalah kunci kemenangan berperang.[]

Sumber: Letnan Djenderal T.B. Simatupang, Pengantar Ilmu Perang di Indonesia, PT Kinta, Jakarta, 1968, hal: 80.
Sumber gbr: https://www.deviantart.com/

No comments:

Post a Comment