R.M Akbar; Aktivis HMI Cabang Medan Perangkai Hymne HMI - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Monday 15 May 2017

R.M Akbar; Aktivis HMI Cabang Medan Perangkai Hymne HMI



YakusaBlog-Jikalau kita sama-sama membanggakan Lafran Pane sebagai pemrakarsa HMI. Nurcholish Madjid (Cak Nur), Endang Saifuddin Anshari dan Sakieb Mahmud yang disebut-sebut penyusun Nilai Dasar Perjuangan (NDP) HMI ditunjuk pada Kongres HMI IX di Malang 1969. Ada Ahmad Sadali, aktivis HMI Cabang Bandung, yang menciptakan lambang HMI kemudian disahkan pasa Kongres III di Bandung pada 1953.

Aktivis-aktivis HMI yang disebutkan di atas keseluruhannya berasal dari Pulau Jawa. Nah, ada satu aktivis dari luar Pulau Jawa, yang hasil karyanya terus-menerus didengungkan, disebutkan bahkan menjadi syarat wajib dalam acara formal HMI, yaitu menyanyikan lagu Hymne HMI. Taukah kita siapa penggubahnya? Dari aktivis HMI Cabang manakah dia?

Data kongkrit menunjukkan bahwa (Agussalim Sitompul, 2002:243), pada Kongres HMI ke-5, dan ini Kongres HMI pertama kali dilaksankan di luar Pulau Jawa. Pada Kongres ke-5 berlangsung di Medan pada 24-31 Desember 1957. Kongres ke-5 itu dihadiri 16 dari 19 Cabang HMI yang sudah terbentuk. Ada 13 butir keputusan yang diambil, salah satunya adalah mengesahkan Hymne HMI yang telah digubah (dirangkai, dicocokkan dan atau disusun) oleh seorang aktivis HMI yang berasal dari HMI Cabang Medan, bernama R.M Akbar.


Raden Muslimin Akbar atau sering disingkat dengan nama R.M. Akbar. Ia adalah Kader HMI asal dari HMI Cabang Medan yang karyanya secara terus menerus didengungkan dan menjadi syarat wajib dalam kegiatan-kegiatan HMI, yaitu HYMNE HMI. Di perkirakan, R.M Akbar aktif ber-HMI pada tahun 50-an dan masih bersama dengan OK. Rahmat, pendiri HMI Cabang Medan. Dan HMI Cabang Medan pada waktu itu, saat Kongres ke-5, berada dibawah kepemimpinan Gading Hakim.

R.M. Akbar dahulu tinggal di Jln. D.I. Panjaitan No. 40 Kecamatan Medan Baru, Kota Medan-Sumatera Utara (di belakang Masjid AL,Jihad Medan Baru). R.M. Akbar memiliki  anak  bernama Rr. Jusmina Indrijah (HP.081370438737) dan Rr. Mastika Hasmidah yang bertempat tinggal di Griya Permata II No.15 Tj. Anom Medan-Sumut.[]

Penulis: Ibnu Arsib
Kader HMI Cabang Medan


Baca juga artikel terkait:


Ket.gbr 1: RM. Akbar
Ket.gbr 2: Teks Hymne HMI

No comments:

Post a Comment