Profil Singkat Azhari Akmal Tarigan: Pembicara NDP HMI - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Saturday 15 April 2017

Profil Singkat Azhari Akmal Tarigan: Pembicara NDP HMI



YakusaBlog- Azhari Akmal Tarigan, lahir di Patumbak Kampung, 4 Desember 1972. Setelah menamatkan pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 105298 Patumbak tahun 1985, kemudian melanjutkan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Medan lokasi Patumbak, tamat tahun 1988. Selanjutnya Azhari Akmal terpilih menjadi salah satu seorang siswa yang ditugaskan untuk mengikuti studi di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) di MAN Koto Baru Padang Panjang Sumatera Barat dan selesai tahun 1997.

Penulis kembali ke Medan, melanjutkan studi di Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAN-SU) - yang sekarang telah menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU)-peny. Dia kuliah pada Fakultas Syari’ah dan tamat tahun 1997. Setelah menamatkan S1 ia melanjutkan untuk mengikuti Program Pascasarjana UIN-SU Konsentrasi Pemikiran Islam dan selesai tahun 2000. Pada tahun 2004, Azhari Akmal melanjutkan studi ke Program S3 Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI) tahun 2004-2005. Selanjutnya studi S3 dilanjutkannya ke UIN-SU. Selain sebagai tenaga pengajar, dia juga sebagai Dekan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN-SU.

Selama menjadi mahasiswa, dia aktif di organisasi ekstra dan intra kampus. Azhari Akmal mendirikan Forum Kajian Ilmu-Ilmu Syari’ah (FKIS) -  AIQAN, pada tahun 1991-1993. Pernah menjadi Ketua Bidang Penalaran dan Keilmuan Senat Mahasiswa Fakultas Syariah (SMFS) periode 1994-1995, menjadi Sekretaris Umum SMI UIN-SU 1995-1996.

Di luar (ekstra) kampus, dia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan. Jenjang Training yang pernah ia ikuti di HMI adalah Masa Orientasi Pengenalan (MOP) tahun 1993, Basic Training (LK I) tahun 1994, Intermediate Training (LK II) tahun 1995 dan semuanya di Medan. Kemudian mengikuti Kursus Senior (Senior Course) pada tahun 1995 di Banda Aceh.

Pada tahun 1996, Azhari mengikuti Upgrading Nilai Identitas Kader (NIK) di Yogyakarta, sekarang Nilai Dasar Perjuangandan (NDP)-peny. Kemudian menjadi pembicara materi Nilai Dasar Perjuangan HMI  di setiap jenjang training-training HMI. Di samping itu, aktif juga menghadiri forum-forum ilmiah, Seminar, Loka Karya dan lain-lain.

Sampai hari ini, Azhari aktif di Harian Waspada. Dari kegigihannya menulis, telah lahir beberapa karya seperti Etika Bisnis Islam yang diterbitkan oleh Pustaka Hijri tahun 2000. Bersama Dr. Nur Ahmad Fadil Lubis (w. 2016) dengan judul Ekonomi Islam Pada Millinium Ketiga : Belajar Dari Pengalaman Sumatera Utara (IAIN Press dan FKEBI, Medan, 2002), sebagai kontributor dan editor Percikan Pemikiran Ekonomi Islam (Citapustaka Media Bandung tahun 2002).

Untuk HMI, dia telah menuliskan buku yang sangat spektakuler dan banyak digunakan oleh kader-kader HMI. Judul bukunya adalah Islam Mazhab HMI. Buku tersebut tentang Tafsir Tema Besar NDP HMI yang disusun oleh Nurcholish Madjid, Endang Saifuddin Anshari, dan Sakieb Mahmud. Selain tulisannya yang telah dibukukan, masih banyak lagi tulisannya yang berserakan diberbagai tempat. #IAR

Sumber bacaan: Azhari Akmal Tarigan, Islam Mazhab HMI : Tafsir Tema Besar NDP, (Jakarta: Kultura, 2007), hal: 223-224.

Sumber gambar: http://harianamanah.id/

No comments:

Post a Comment