Buku: Tuhan, Maaf, Kami Sedang Sibuk - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Saturday 15 April 2017

Buku: Tuhan, Maaf, Kami Sedang Sibuk


“Tuhan, maaf kami orang-orang sibuk. Kami memang takut neraka, tapi kami kesulitan mencari waktu untuk mengerjakan amalan yang dapat menjauhkan kami dari neraka-Mu. Kami memang berharap surga, tapi kami hampir tak ada waktu untuk mencari bekal menuju surga-Mu.”

YakusaBlog- Kutipan kata-kata di atas adalah pembuka buku motivasi Islam sekaligus sebagiannya menjadi judul buku yang lahir dari tangan seorang penulis yang sangat produktif, alumnus ITS Surabaya, Ahmad Rifa’i Rif’an.

Di zaman yang ‘maju’ ini, banyak sekali orang yang sok sibuk di dunia demi mencari harta benda untuk memenuhi yang namanya kebahagiaan di dunia. Kerja pagi-pulang pagi, Senin-Sabtu sibuk bekerjam, waktu dengan keluarga pun sedikit, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang menjauhkan dengan Tuhannya. Seseorang tersebut, lebih menghambakan dirinya kepada pekerjaannya ketimbang kepada Tuhannya.

Ahmad Rifa’i menuliskan renungan-renungannya yang sangat cocok dibaca bagi setiap orang yang sibuk dalam aktivitas-aktivitasnya sehingga menjadi alasan untuk tidak menghadap-Nya. Terkhususnya orang yang bekerja diperkantoran dan atau masyarakat perkotaan.

Lewat buku spektaluler ini, Rifa’i menuliskan renungan-renungan tersebut untuk kiranya dapat menyadarkan betapa kesibukan kita selama ini telah melalaikan persoalan yang lebih urgent (pokok) untuk menggapai kebahagiaan yang sejati, dibanding kebahagiaan yang sifatnya sementara.

Isi buku ini banyak dituliskannya ketika malam hari sehabis ‘berdialog’ dengan Tuhannya di atas sajadah yang dikembangkan. Ia banyak merenungkan hal-hal yang dilakukan manusia yang sok sibuk setiap harinya, dan renungan itu memaksanya untuk menghidupkan lampu dan mesin tiknya (laptop) kemudian menuliskannya.

Buku yang bergenre motivasi ini sangat menarik untuk dibaca, gampang memahaminya dan kemudian kita renungkan kembali. Tulisan ini bertambah menarik karena ditulis dengan bahasa yeng sederhana, bahasa sehari-hari, dan disusun dengan klasifikasi berdasarkan wilayah kehidupan manusia yang hendak diutarakan oleh penulis.

Diawali dengan bagian Menata Hati Membenahi Nurani, kita diajak untuk memikirkan kembali tentang tauhid, takdir, sufi, serta beberapa pembahasan yang menyentuh jiwa. Kemudian membahas tentang Rumahku, Surgaku, dimana pada pembahasan ini penulis mengajak kita mengeksplorasi tentang standar hidup, nikah, kesetiaan, wanita dan keadaan lainya dilingkungan kita. selanjutnya, pembahasan tentang Memancarkan Cahaya Surga di Tempat Kerja dan yang terakhir membahas Bagaimana Memperkokoh Semangat dan Visi Hidup, dimana pada pembahasan terakhir ini, dia menawarkan tips-tipsnya.

Karya tulis ini lahir bukan hanya semata sebagai media perenungan bagi kita. tapi, karya tulis ini memberikan obat bagi setiap yang telah merasakannya, dan memberikan motivasi yang kuat, inspirasi dan wawasan sehingga kita semangat dalam menjalani aktivitas-aktivitas kita tanpa memisahkan diri dari Maha Pencipta.

Keterangan Buku
Judul Buku      : Tuhan, Maaf, Kami Sedang Sibuk (Edisi Revisi)
Penulis             : Ahmad Rifai Rifan
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka
Tempat Terbit  : Jakarta
Tahun Terbit    : Apri 2016 (Cetakan ke-18)
Tebal Buku      : xii hlm + 358 hlm
ISBN               : 978-602-02-5666-5



Resensator: Ibnu Arsib Ritonga

No comments:

Post a Comment