Kenapa Kita Ber-HMI? Ini Jawaban Kader-Kader dan Alumninya - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Friday 21 April 2017

Kenapa Kita Ber-HMI? Ini Jawaban Kader-Kader dan Alumninya



YakusaBlog-Data ini saya kumpulkan lewat akun facebook pribadi saya (Ibnu Arsib Ritonga). Ketika saya meminta jajak pendapat dari setiap kader HMI dan Alumni HMI, pada tanggal 5 April 2017. Jajak pendapat tersebut disukai (like) sebanyak 118 orang dan lebih dari setengah dari yang saya tandai memberikan komentarnya.

Mereka menuliskan pendapatnya terkait pertanyaan yang saya ajukan di atas. “karena kita diwajibkan menuntut ilmu” ujar seseorang yang bernama Reni Limursih. “karena di HMI kita berteman lebih dari saudara”, tulis Takbiratul Abar, seorang kader HMI dari Sulawesi Selatan. Banyak juga berpendapat, mereka masuk HMI karena telah melihat kualitas kader-kader HMI.

Sebagai seorang mahasiswa memang sangat diwajibkan untuk berorganisasi, supaya dapat meningkatkan soft skillnya, belajar dikelas dan mengandal nilai saja tidak cukup. Seorang mahasiswa membutuhkan ilmu kepemimpinan, sosial yang tinggi dan keilmuan yang luas, serta relasi yang cukup. Nah, itu semu didapatkan lewat suatu wadah.


Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) lahir pada tanggal 5 Februari 1947, adalah menjadi organisasi mahasiswa Indonesia yang tertua. Sejarah dan dinamikanya telah terekam dalam dinamika Indonesia secara regional dan nasional. HMI tidak dapat dipisahkan dari Indonesia, karena selain Keislaman, Kebangsaan, dan Keindonesiaan adalah ruhnya yang menjadikan organisasi ini harus terus eksis menjawab tantagan zaman yang dihadapi masyarakat  dan negara Indonesia. Dan dia menjadi organisasi yang sangat dipercaya bisa membuat perubahan baik bagi setiap kadernya, juga perubahan sosial.[IAR]

No comments:

Post a Comment