Dari Rahim HMI: Anies Baswedan Untuk Indonesia dan Jakarta - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Wednesday 19 April 2017

Dari Rahim HMI: Anies Baswedan Untuk Indonesia dan Jakarta



YakusaBlog- Siapa yang tak kenal dengan Anies Baswedan. Seorang tokoh yang sangat sederhana dan keintelektualannya tidak diragukan lagi, membuat ia dicintai oleh rakyat Indonesia, terkhususnya warga DKI Jakarta yang memberikan kepercayaan kepada Anies untuk memimpin Jakarta lima tahun kedepan. Ia lahir dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969, yang beberapa hari lagi genap akan 48 tahun.

Selepas Sekolah Dasar Laboratori di Yogyakarta, Anies melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Yogyakarta. Setelah lulus SMP, ia kemudian melanjutkan pendidikannya dan masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Yogyakarta. Semasa menjalani pendidikan ditingkat menengah, dia begitu sangat aktif berorganisasi di sekolahnya. Pada tahun 1985, semasa SMA dia terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia. Dua tahun kemudian, karena prestasinya di sekolah dan di organisasi, ia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar American Field Srvice (AFS) dan selama setahun tinggal di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Ada sesuatu yang ‘aneh’ dalam masa pendidikannya. Dia menempuh SMA selama empat tahun. Masuk tahun 1985 dia pun lulus tahun 1989. Empat tahun menempuh pendidikan menengah atas, itu bukan karena kebodohan dan kebandelannya sewaktu menjadi siswa. Akan tetapi, karena program AFS itulah yang ia ikuti selama satu tahun di negeri Paman Sam membuat ia terlambat satu tahun.

Setelah lulus SMA tahun 1989, ia pun melanjutkan pendidikannya dan diterima masuk di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Di fakultasnya (organisasi intra) ia menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa dan ikut berperan mengaktifkan kembali Senat Mahasiswa UGM setelah pembekuan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di rezimnya Soeharto. Tidak lama setelah berperan mengaktifkan Senat Mahasiswa UGM, pada tahun 1992 ia pun terpilih menjadi Senat Mahasiswa Universitas.

Di tengah kesibukannya mengurus organisasi intra kampus, Anies juga aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta, organisasi mahasiswa terbesar dan tertua di Indonesia. Lahir dari ‘rahim’ HMI, ia menjadi manusia yang, bijaksana, arif, beriman, berkompten dan berkualitas.

Di HMI ia belajar banyak tentang Keislaman, Keindonesiaan, Kebangsaan dan Kepemimpinan yang menjadikannya siap mengisi tatanan masyarakat di Indonesia. Hal ini dibuktikannya setelah dia selesai kuliah, baik Program Sarjana di Indonesia maupun Pasca Sarjana di luar negeri. Dia pernah menjadi Rektor di Universitas Paramadina Jakarta, Menteri Pendidikan kabinetnya Presiden Jokowi, dan dipercaya untuk memimpin DKI Jakarta bersama Sandiago Uno setelah memenangkan Pemilihan Kepada Daerah (Rabu, 19 April 2017), dan juga banyak bukti lainnya.

Selain ia dikekenal sebagai seorang akademisi, ia pun dikenal seorang organisatoris. Baginya keterampilan berorganisasi akan mengantarkan kita pada pekerjaan dan masa depan yang cerah. Dan itu pun banyak ia dapatkan dari HMI.[]


Kader HMI Cabang Medan


Sumber bacaan pendukung: https://id.wikipedia.org/wiki/Anies_Baswedan
Sumber gambar: http://www.imgrum.org/tag/KOMFAKSY/

No comments:

Post a Comment