Buku: KNPI & Pemuda Harapan Bangsa - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Friday 7 April 2017

Buku: KNPI & Pemuda Harapan Bangsa

YakusaBlog- Sepanjang sejarah pergerakan nasional Indonesia disetiap perubahan yang monumental selalu mengikutsertakan peranan pemuda Indonesia, seperti Gerakan Kebangkitan Nasional 1908, Kongres Pemuda 1928 yang melahirkan Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan 1945, Gerakan Pemuda yang dipelopori Mahasiswa tahun 1966, Gerakan Pemuda tahun 1974 juga dipelopori mahasiswa yang dikenal dengan peristiwa Mala Petaka Lima Belas Januari (MALARI), gerakan pemuda tahun 1998 juga dipelopori mahasiswa. Kelahiran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada 23 Juli 1973 juga merupakan bagian dari peranan pemuda Indonesia dalam merealisasikan idealisme dan kontribusinya dalam pergerakan pemuda nasional Indonesia.

Sejarah pergerakan pemuda yang kita sebutkan tadi, suatu peristiwa yang harus terus diingat oleh setiap pemuda-pemuda Indonesia dan mengambil nilainya, semangat perjuangan dan motivasi untuk terus membangun negara ini, baik secara organisasional (organisasi kepemudaan atau kemahasiswaan) dan juga secara individual.

Merekam sejarah pergerakan pemuda Indonesia tersebut, dalam buku KNPI & Pemuda Harapan Bangsa, Robi Anugrah Marpaung, menuliskannya dengan cermat, mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang lugas dan ringan. Buku tersebut adalah sebuah upaya membaca ulang kepeloporan pemuda-pemuda Indonesia dalam gerakan nasional Indonesia.

Bukan hanya membaca sejarah jejak langkah pemuda-pemuda kita terdahulu, Robi juga menjelaskan tentang peran kepemimpinan dan kepeloporan kaum muda pada masa pergerakan nasional dari dahulu hingga sekarang. Dalam buku ini, dia juga menuliskan bagaimana peranan dan apa yang akan dilakukan oleh pemuda kita saat ini dalam menyambut puncak Bonus Demografi pada tahun 2020-2030, di mana jumlah penduduk produktif yang berumur 15-64 tahun akan lebih besar dibandingkan jumlah penduduk muda 15 tahun dan usia lanjut 65 tahun ke atas. Dari Bonus Demografi ini akan memberi peluang terjadinya pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan tertinggi dan penurunan angka kemiskinan. Kalau Bonus Demografi tidak berjalan baik, tidak diurusi dengan baik, maka akan terjadi yang sebaliknya.

Dengan gaya bahasa yang sederhana, melalui buku ini, Robi, sebagai aktor perubahan yang berpangalaman dalam organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, memberikan catatan-catatan atas pengalamannya mengembangkan kepemimpinan, kewirausahan dan kepeloporan melalui dunia pemuda yang penuh warna untuk supaya ikut serta memikirkan masa depan kepemimpinan pemuda Indonesia khususnya KNPI bagi terwujudnya kemajuan, kejayaan dan kebangkitan bangsa.

Karya ini sangat penting kita miliki dan dinikmati, karena sengaja didedikasikan untuk para pemuda Indonesia, bangsa, dan negara Indonesia sebagai bentuk kontribusi dalam rangka mewujudkan peranan kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan serta perjuangan yang nyata bagi pemuda Indonesia, yang tergabung dalam suatu wadah KNPI maupun dalam wadah lain.

Keterangan Buku
Judul Buku      : KNPI & Pemuda Harapan Bangsa
Penulis             : Robi Anugrah Marpaung
Penerbit           : RAM Law Office
Tempat Terbit  : Jakarta
Tahun Terbit    : Januari 2015
Tebal Buku      :  XX hlm + 182 hlm
ISBN               : 978-602-99508-0-9


Resensator: Ibnu Arsib Ritonga

No comments:

Post a Comment