Buku: Harmoni Dalam Kebhinnekaan - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Monday 10 April 2017

Buku: Harmoni Dalam Kebhinnekaan


YakusaBlog- Buku yang cukup berukuran kecil ini, semacam buku saku, lahir dari tangan seorang sarjana Muslim asal Kediri-Indonesia, lulusan Timur Tengah dari jenjang S1 hingga program Doktornya, Dr. H. Sima, Lc, MA. MBA.

Lewat buku kecil ini, penulis memberikan suat gambaran kepada kita tentang arti pentingnya sikap saling menghargai, saling menghormati dan toleransi dalam bingkai keberagaman berbangsa dan bernegara. Tanpa sikap tersebut, berbagai gesekan dan konflik horizontal antar-suku, antar-agama, dan golongan rentan terjadi dalam masyarakat.
Seperti yang lihat saat ini, masyarakat kita mudah terprovokasi isu-isu yang tidak benar (hoax) yang dibangun oleh berbagai media dan orang-orang yang mengambil kepentingan, sehingga tak terhindari konflik-konflik sosial pun semakin meningkat.

Dalam buku ini (Harmoni Dalam Kebhinnekaan), Dr. Sima menawarkan solusi terkait masalah sosial yang saat ini rentan terjadi dan kemungkinan besar terjadi pada waktu yang akan datang. Dr. Sima menawarkan kepada bangsa Indonesia supaya mewujudkan harmoni dalam kebhinnekaan. Konsep yang ditawarkannya tersebut, adalah bagian daripada harapan masyarakat Indonesia yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam bernegara.

Sebagai warga negara Indonesia, para akademisi, aktivis sosial, aktivis keagaamaan, mahasiswa dan golongan-golongan lainnya, buku ini dapat menambah wawasan dan melengkapi referensi kajian-kajian keilmuan dan agar dapat memahami Kebhinnekaan dalam bernegara. Seperti pesan penulis dalam kata sambutannya, “Ingat bahwa meski kita berbeda dalam banyak hal, namun kita tetap satu: Indonesia.”

Keterangan Buku
Judul Buku      : Harmoni Dalam Kebhinnekaan
Penulis             : Dr. H. Sima, Lc. MA. MBA
Penerbit           : Young Progressive
Tahun Terbit    : Maret 2017
Tebal Buku      : VI + 100 hlm
Ukuran Buku  : 11,5 cm × 17, 5 cm



Resensator: Ibnu Arsib Ritonga

No comments:

Post a Comment