Fungsi Tomat Untuk Kesehatan Tubuh - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Wednesday 23 January 2019

Fungsi Tomat Untuk Kesehatan Tubuh


YakusaBlog- Ada pepatah mengatakan, an apple a day keeps the doctor away. Sekarang coba ganti dengan sebuah apelnya dengan 3 kg tomat. Mengapa demikian?
Pada tahun 1997, telah diketahui bahwa karotenoid yang utama di dalam tomat adalah likopen, yang mempunyai efek menurunkan risiko kanker. Likopen (lycopene) juga diyakini dapat memecah cadangan lemak di arteri tubuh.
Menurut penelitian Porrini dan Riso (2000), likopen yang dikonsumsi dari produk tomat dapat meningkatkan kadar karotenoid dalam darah dan mencegah kerusakan Deoxyribonucleic Acid (DNA) limfosit dengan meningkatkan resistensi terhadap tekanan oksidatif, dan ini berarti mengurangi risiko kanker.
Likopen adalah karotenoid yang paling banyak ditemukan dalam kelenjar prostat. Kanker lain seperti kanker payudara, saluran pencernaan, serviks, kantong kemih, dan kulit berbanding terbalik dengan kadar likopen dalam serum dan jaringan. Mekanisme likopen untuk mencegah risiko kanker diduga berdasarkan sifat antioksidan dari likopen.
Selain mengurangi prostat, likopen juga potensial untuk meningkatkan kesuburan pada laki-laki. Walaupun perlu pembuktian yang lebih teliti. Sebuah penelitian di India menunjukkan bahwa pemberian 2 gram likopen per hari selama 3 bulan akan memulihkan laki-laki dari oligo-asthenospermia (jumlah sperma rendah). Konsentrasi sel sperma ditingkatkan, demikian juga morfologi dan motatilis sperma diperbaiki.
Likopen merupeukan penetral oksigen singlet yang paling reaktif dalm system biologis. Sifat antioksidan ini juga dapat mencegah oksidasi LDL kolesterol (kolesterol jahat) menjadi bentuk aterogenik, yang berarti mengurangi risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Baca juga: Fungsi Serat Untuk Kesehatan Tubuh
Untuk mengkonsumsi tomat dapat berbagai cara. Bisa memakannya tanpa di masak bisa juga di masak. Bisa juga diolah dalam bentuk lain seperti jadi minuman juice. Dan sebagaimana sering kita konsumsi setiap hari, produk tomat yang diolah dengan pemanasan seperti saus tomat ternyata menyumbangkan kikopen enak kali lipat dibandingkan dengan tomat yang utuh dan segar.
Bila tomat secara utuh seperti yang kita katakana di awal (3 kg) tampak tak mungkin dikonsumsi tiap hari, kini penelitian yang dilakukan oleh Cambridge University membuat pil suplemen Ateronon yang bisa mengurangi risiko stroke dan serangan jantung dengan cara menambah fleksibilitas arteri dan memperkencang aliran darah. Mari mengkonsumsi tomat.![]

Sumber isi: Majalah motivasi Luara Biasa dan Jansen Silalahi dalam bukunya yang berjudul Makanan Fungsional, halaman 24-25.

No comments:

Post a Comment