Apakah Pengertian Variabel itu? - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Wednesday 6 December 2017

Apakah Pengertian Variabel itu?

YakusaBlog- Setiap kuantitas yang berubah-ubah disebut sebagai variabel dalam matematika. Dalam contoh mobil, bola dan roket, kecepatannya adalah variabel. Demikian juga, jarak bola atau roket dari permukaan bumi adalah suatu variabel. Bahkan waktu yang berubah adalah suatu variabel. Penduduk suatu negara atau biaya hidup juga suatu veriabel. Bila kita memasukkan udara ke dalam ban kita, tekanan udara berubah dam merupakan sebuah variabel. Suhu dan kelembaban di luar rumah juga merupakan variabel.
Dalam matematika kita sering menunjukkan berbagai variabel dengan lambang-lambang seperti huruf dalam abjad. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan huruf v untuk menggambarkan kecepatan, huruf t untuk menggabarkan waktu, dan huruf p menunjukkan tekanan dalam sebuah ban, dan sebagainya. Huruf-huruf ini mewakili bilangan. Jadi, bila kecepatan adalah 50 km per jam kita dapat menyatakan bahwa v = 50. Bila hanya 25 km per jam, kita dapat mengatakan bahwa v = 25, dan sebagainya.
Dalam hal waktu, kita biasanya mengukurnya mulai dari suatu saat yang khusus, yang sering disebut waktu awal atau waktu nol. Misalnya, saat waktu kita menjatuhkan sebuah bola dari sebuah gedung adalah waktu nol atau t = 0, setelah 3 detik lewat kita nyatakan bahwa t = 3, dan setelah 5 detik t = 5, demikian seterusnya.
Sangat sering, dalam kenyataannya, kita menemukan bahwa satu variabel dalam beberapa hal bergantung pada variabel yang lain. Misalnya, jarak yang ditempuh oleh roket atau bola bergantung pada waktu perjalanan. Kita menyebut jarak sebagai varibel terikat dan waktu sebagai variabel bebas.
Pada umumnya waktu dianggap sebagai suatu variabel bebas, sedangkan variabel apa saja yang bergantung adanya adalah variabel terikatnya. Oleh karena itu, biaya hidup yang bergantung pada waktu merupakan suatu variabel terikat. Suhu di luar rumah adalah juga suatu variabel terikat.
Variabel bebas lainnya, di samping waktu dapat terjadi. Misalnya, luas sebuah lingkarang bergantung pada jari-jari. Kita dapat menemukaan luas lingkaran A sebagai variabel terikat dari jari-jari r sebagai varibel bebasanya.[]

Sumber: Murray Spiegel, Ilmu Pengetahuan Populer (edisi Bahasa Indoneisa), PT Widyadara, Jakarta, 1986, hal” 151-152.

Ket.gbr: ilustrasi kecepatan roket
Sumber gbr: https://pixabay.com/

No comments:

Post a Comment