Selamat Ulang Tahun Cak Nun - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Friday 26 May 2017

Selamat Ulang Tahun Cak Nun


Yakusablog- Mudah-mudahan suatu keberkahan dan kegembiraan bagimu di hari ulang tahun memasuki usiamu yang ke-64 tahun. Semoga Allah SWT. memberkahimu.

Kenapa saya katakan suatu keberkahan dan kegembiraan bagimu? Karena di hari ulang tahunmu ini adalah hari pertama puasa Ramadhan ummat Islam di Indonesia. Pastinya kau pun tadi malam bersujud sembah kepada Tuhanmu, entah itu di dalam shalat Maghribmu, di shalat Isyamu, Tarawihmu, Witirmu dan shalat tahajjudmu. Mudah-mudahan dalam dzikirmu juga.

Suatu kegembiraan juga bagimu karena usiamu semakin berkurang di dunia. Saya yakin dunia ini bukanlah satu-satunya alam yang kau cintai atau yang kau kejar. Alam kekal itu dan bertemu dengan Tuhanmu pastinya tujuan hakikimu. Segala aktivitasmu tentunya bukan untuk dunia saja. Kau pasti paham pepatah bijak yang mengatakan: tanamlah pada, maka rumput pun akan tumbuh.

Saya tidak pernah bertemu langsung denganmu. Bercakap-cakap langsung denganmu. Saya juga tidak mengenalmu lebih dalam seperti pemuda-pemuda di Jawa yang gemar hadir dalam majelismu, mendengar puisi-puisimu secara langsung dan berjabat tangan denganmu.

Saya hanya mengenalmu lewat cerita orang-orang tentangmu. Berdiskusi denganmu lewat tulisan-tulisanmu. Mendengarkan syair-syair atau tausiyahmu di Kenduri Cinta yang diposting di media sosial-Youtube. Saya juga belum sanggup menyelami dalamnya samudera pemikiranmu yang kritis sekaligus religius tanpa meninggalkan makna ke-Indonesia-anmu. Samudera wawasanmu begitu luas dan dalam. Tulisan-tulisan dan ceramah-ceramahmu yang banyak menggunakan metafora menjadi ciri khasmu. Salah-salah mendengar dan memahami, orang-orang bisa “sesat” atau gagal paham.

Tapi kau tak peduli dengan itu. Karena kau ingin mengungkapkan suatu Nilai yang tersembunyi. Suatu makna yang orang malu dan tidak berani untuk mengungkapkannya karena takut pada sturuktural dan birokrat negara. Mengungkapkan suatu kejujuran, kemuliaan dan kebaikan. Kecintaanmu kepada Tuhanmu, Kanjeng Nabi Muhammad SAW, kepada manusia, kepada makhluk yang namanya keadilan dan integritas manusia, itu semua menjadi nilai tersendiri bagimu.

Kebencianmu kepada makhluk penindasan, makhluk kezaliman, penyakit kejiwaan sosial yang disetting oleh oknum-oknum tertentu, kepalsuan, kebodohan, kemunafikan, ketololan, budaya hedonisme, budaya konsumtivisme, kesetanan-baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Itu semua meneguhkan perjuanganmu untuk melawannya. Kau tidak akan pernah membiarkannya liar dan bebas. Hal nyata telah kau buktikan pula dengan terus-menerus memberikan peringatan sosial dan kontrol sosial atas bahaya makhluk-makhluk yang baru disebutkan tadi.

Selamat ulang tahun Cak...

Semoga Allah SWT. memberkahimu dan terus berguna bagi bangsa-bangsa di dunia, terkhususnya bangsa kita-bangsa Indonesia. Rakyat yang begitu majemuk, manusia atau ciptaan Sang Khalik menjadi aset dan harus dijaga.[]

Dari hamba Allah yang terus mencari ilmu.


Catatan: Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) lahir di Jombang, 27 Mei 1953.

No comments:

Post a Comment