Buku: Rekonstruksi Pemikiran Religius Dalam Islam - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Thursday 13 April 2017

Buku: Rekonstruksi Pemikiran Religius Dalam Islam


YakusaBlog- Buku Rekontruksi Pemikiran Religius Dalam Islam karya Muhammad Iqbal adalah buku filsafatnya yang sangat penting selain karya-karyanya yang lain, seperti karya sastranya dibidang prosa, puisi-puisi baik berbahasa Persia dan Urdu .

Sejak tentang Iqbal, ia lahir Sialkot, tepat di Punjab-India pada 9 November 1877 dan wafat di Lahora-Pakistan, 21 April 1938 pada umur 60 tahun. Selain dikenal sebagai seorang politisi dan penyair, ia juga dikenal sebagai seorang pemikir atau filsuf Islam yang pengaruhnya sangat besar pada abad ke-20. Ali Syariati mengatakan, Iqbal dipandang sebagai pemikir dan filsuf yang sejajar dengan Bergson dari dunia Barat dan seperti Al-Ghazali di dunia Timur (Islam).

Pemikiran Iqbal berpengaruh terhadap pandangan religius dan politik di dunia Islam. Ia sering disebut sebagai jembatan antara pemikiran Timur (Islam) dan Barat, antara Islam dan agama-agama lain, antara tradisi dan modernitas, antara wahyu dan akal, antara spritualitas dan intelektualitas serta antara ilmu pengetahuan, seni dan agama.

Lewat buku Rekonstruksii ini, Iqbal menjelaskan serangkaian refleksi pemikiran yang mendalam tentang persinggungan antara ilmu pengetahuan (sains), agama dan filsafat. Dia menggali khazanah pemikiran Islam dan pemikiran Barat kemudian menawarkan visi baru tentang penyatuan pengetahuan manusia, kesatuan spirit manusia, agama dan ketunggalan Tuhan.

Karya ini tersusun atas kuliah-kuliah yang sampaikan Iqbal atas permintaan berbagai pihak, seperti yang dikatakannya dalam kata pengantar. Dia hendak mencoba merekontruksi filsafat agama Islam dengan memerhatikan tradisi filsafat Islam dan lebih mutakhirnya, perkembangan di berbagai ilmu pengetahuan manusia manusia.

Buku ini memang sedikit berat apabila dibaca dengan tidak serius. Akan tetapi, buku ini sangat menantang pemikiran kita, banyak sekali informasi sejarah yang disebutkannya yang jarang kita temukan dalam pemikiran-pemikiran Islam dalam konteks kemodernan. Pada dasarnya pembahasan yang paparkannya adalah pembahasan tentang sains, agama, kebudayaan dan Tuhan.

Buku ini amat penting dibaca oleh setiap orang, terkhususnya peminat sejarah intelektual Islam, kebangkitan Islam di masa kini, tanggapan Islam terhadap Barat dan modernitas. Buku ini juga, bagian daripada upaya Iqbal untuk membangun paradigma (cara pandang) umat Islam terhadap ajaran agama dan kepercayaannya dan sekaligus supaya terbuka pada pengetahuan-pengetahuan modern Barat tanpa harus mengikutinya secara buta.

Keterangan Buku
Judul Buku       : Rekonstruksi Pemikiran Religius dalam Islam
Penulis             : Muhammad Iqbal
Penerbit           : Penerbit Mizan
Tempat Terbit   : Bandung
Tahun Terbit     : Juni 2016
Tebal Buku       : xxiv hlm + 266 hlm
ISBN                : 978-979-433-958-9


Resensator: Ibnu Arsib Ritonga

No comments:

Post a Comment