Buku: Menyegarkan Islam Kita - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Thursday 13 April 2017

Buku: Menyegarkan Islam Kita


YakusaBlog- Karya tulis ini yang disusun menjadi sebuah buku disusun dari kumpulan esai-esai seorang intelektual muda Muslim dari Indonesia dalam rentang waktu sekitar lima tahun yang diterbitkan di berbagai media massa nasional, seperti di majalah Tempo, Kompas, Koran Tempo, Republika, Media Indonesia dan media-media lainnya, kemudian diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Quanta (Elexmedia).

Pembahasan dalam buku ini menarik satu benang merah yang sangat penting bagi keberislaman kita saat ini di Indonesia. Dapat kita lihat Islam di Indonesia akhir-akhir 1990-an dan awal tahun 2000-an berhadapan dengan sederet fenomena dan tantangannya, seperti kelas menengah Muslim dengan corak keberislaman, temuan sains yang menggemparkan dan dihadapkan dengan Islam, terorisme atas nama Islam yang anti Barat, oto-terorisme atas nama Islam yang mempermainkan isu sektarian, hingga Islam di era digital. Atas hal-hal tersebutlah intelektual muda Muslim ini, Husein Ja’far Al Hadar, lewat buku ini memotret masalah-masalah tersebut.

Di dalam buku ini, penulis memuat tema-tema pokok seperti dari pemikiran teologis yang bersentuhan dengan sains, pemikiran keislaman yang bersemangat ‘menyegarkan’ tentang berbagai fenomena keislaman, pemikiran seputar pendidikan Islam, rekaman pemikiran tokoh-tokoh besar Islam maupun Non-Muslim, pemikiran tentang kebahasaan dalam bingkai Islam yang filosofis, hingga pemikiran dan tantangan Islam di zaman digital.

Karya Husein ini menjadi amat menarik untuk dibaca dan dipahami kerena, Pertama, Husein menyatukan pembahasan dengan satu tema besar tentang pemikiran keislaman yang maju dan moderat. Kedua, penulisnya adalah seorang intelektual muda Muslim Indonesia yang mencoba menghadirkan pemikiran keislaman alternatif yang ‘menyegarkan’. Ketiga, tulisannya bersifat renungan filosofis dengan didukung oleh teori-teori filsafat. Keempat, ditulis dengan gaya penulisan yang populer, bahasanya yang sederhana, jelas dan tidak menjenuhkan kita ketika saat membacanya.

Terkait buku ini, Komaruddin Hidayat (Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2006-2014 memberikan apresiasi dengan mangatakan, sekalipun Husein termasuk seorang intelektual muda, namun buku ini memiliki keseriusan dalam menyajikan pembahasannya, membuat sebuah pendekatan yang segar layaknya pemikiran seorang anak muda yang peka dengan dinamika zaman.

Dia juga berpendapat, disaat kita lebih menyenangi budaya bicara dan menonton, bukannya merenung dan menulis. Islam di Indonesia membutuhkan proses pembacaan terhadap realitas aktual yang terus dinamis, agar tidak gagap dan kehilangan arah ketika berhadapan dengan kemajuan zaman, tidak juga kehilangan jati diri sebagai bangsa religius yang sangat besar potensinya.
Untuk itu, memiliki dan membaca buku ini, sedikit-banyaknya dapat menjawab permasalahan yang ada, di mana telah kita ketahui bersama bahwa perubahan terus berlangsung hingga berhenti pada waktu yang ditentukan.


Keterang Buku
Judul Buku       : MENYEGARKAN ISLAM KITA
Penulis             : Husein Ja’far Al Hadar
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo - Kompas Gramedia
Tahun Terbit     : 2015
Tempat Terbit   : Jakarta
Tebal Buku       : xviii hlm + 270 hlm
ISBN                : 978-602-02-6303-8


Resensator: Ibnu Arsib Ritonga

No comments:

Post a Comment