Buku: Menyatu Dengan Umat, Menyatu Dengan Bangsa - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Thursday 6 April 2017

Buku: Menyatu Dengan Umat, Menyatu Dengan Bangsa


YakusaBlog- Refleksi pemikiran Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dari 1947-1997 dengan tantangan zamannya dengan lugas dan jelas dikupas tuntas dengan data-data akurat dalam buku yang diangkat dari disertasi Alm. Dr. Agussalim Sitompul yang dikenal sebagai “dokumentator” juga sejarawan HMI yang begitu tekun dan konsisten. Telah banyak buku-buku HMI lahir dari tangannya yang dingin, salah satunya buku ini.

Buku ini menjadi rujukan penting bagi kader-kader HMI yang saat ini sangat kurang akan pengetahuan sejarah HMI dan pemikiran HMI. Buku ini tidak hanya berguna bagi aktivis-aktivis HMI, tetapi berguna juga bagi para alumni-alumni HMI, bagi para pengamat masalah sosial, politik, dan keagamaan di Indonesia, mengingat HMI telah menjadi bagian dari umat dan bangsa Indonesia dengan segala kompleksitas dan problem yang HMI hadapi.

HMI secara organisasional dan kader HMI secara individual sangat beruntung memiliki seseorang seperti Alm. Dr. Agussalim Sitompul, yang semasa dia bermahasiswa hingga ia wafat begitu gigih dan konsisten, juga mengabdi pada HMI. Dia bukan hanya menuliskan HMI dalam sebuah buku, tapi ikut terlibat langsung dalam membina kader-kader HMI dengan terjun langsung ke medan training sebagai pembicara. Beliau juga ikut dalam mendamaikan HMI ketika terjadi perpecahan di tubuh HMI itu sendiri.

Buku ini adalah suatu karya yang memberikan informasi yang lugas jelas terkait sejarah HMI dan juga menjelaskan pemikiran-pemikiran HMI. Buku ini lebih lengkap berjudul Menyatu Dengan Umat, Menyatu Dengan Bangsa; Pemikiran Keislaman-Keindonesiaan HMI (1947-1997). Seperti yang dikatakan di atas, buku ini diangkat dari disertasinya pada Program Pascasarjana IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga. Dalam penulisannya, Agussalim  mengambil data-data dari rekomendasi-rekomendasi Kongres HMI dari sejak Kongres ke-10 di Palembang hingga Kongres HMI ke-21 di Yogyakarta, yang selama itu hanya menjadi “dokumen mati” yang tidak punya arti apa-apa, seperti yang ia katakan di dalam kata pengantar.

Fokus bahasan dalam buku ini adalah tentang pemikiran keislaman-keindonesiaan HMI. Maka dari itu, diharapkan pemikiran-pemikiran tersebut dapat diketahui secara luas oleh setiap kader-kader HMI maupun masyarakat. Buku ini juga menjawab pihak-pihak yang memandang “sebelah mata” kepada HMI dimana HMI selalu dipandang berorientasi pada kegiatan politik praktis. Buku ini menjalaskan kontribusinya sejak lahirnya kepada negara dan bangsa Indonesia. Untuk itu, setiap kita (kader, alumni, pengamat dan masyarakat) harus membacanya.

Judul Buku      : Menyatu Dengan Umat, Menyatu Dengan Bangsa
Penulis             : Dr. H. Agussalim Sitompul
Penerbit           : Logos Wacana Ilmu
Email Penerbit : logos-wi@centrin.net.id
Cetakan I        : Muharram 1423 H / April 2002
Tebal buku      : 700 halaman (hardcover)


Resensator: Ibnu Arsib Ritonga

No comments:

Post a Comment