Ganti Nama Agar Sukses - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Wednesday 23 January 2019

Ganti Nama Agar Sukses


YakusaBlog- Mengejar kebahagiaan bisa dimulai dari nama. Banyak orang yang merasa terbebani dengan nama pemberian orangtua karena tak sesuai dengan keadaan yang dialaminya sehingga hidupnya merasa tak bahagia. Namun ada juga orang yang justru menginginkan nama baru agar lebih berprestasi. Karena itu demi prestasi dan kebahagiaan mereka mengubah nama.
Kejadian itu antara lain dialami Greg Pead, seorang seniman kelahiran Cardiff, New South Wales, Australia, 27 Juli 1953. Ketika karier seninya tertahan, pada tahun 1980 ia mengubah namanya. “Membuat nama adalah tindakan konseptual yang melingkupi semua aspek kehidupan dan pekerjaan kita,” katanya. Dengan dasar ia kemudian memilih nama “Yahoo Serious” sebagai pengganti Greg Pead.
Kendatipun seperti olok-olok, Yahoo Serious itu mamang nama pilihannya. Ini juga bukan nama alias seperti umumnya orang memiliki nama panggilan popular. “Yahoo Serious” kemudian ia ajukan ke pengadilan agar ia mendapatkan sertifikat ganti nama. Sejak pengesahan itu namanya resmi berubah jadi Yahoo Serious.
Perjalanan hidup Yahoo sendiri menarik. Lahir di Cardiff, Australia, masa mudanya penuh perjuangan. Setelah lulus SMA ia berniat menlanjutkan sekolah ke National Ast School di Sydney. Untuk membiayai kuliahnya ia bekerja sebagai tukang pasang ban di sebuah bengkel. Dengan cara itulah ia menyelesaikan kuliahnya.
Bidang yang ia geluti adalah film. Saat usia 21 tahun ia sudah membuat film independen yang ia tulis sendiri, dan ia jadi produsernya juga. Film documenter bernana Coaltown itu menggambarkan kehidupan sosial di daerah pertambangan batubara. Film itu memberi gambaran betapa ia cukup berbakat di bidang film. Dan bakatnya makin jelas setelah tahun berikutnya ia bisa membuat serial televisi berjudul Lifestyle yang membuatnya memenangkan Australian Pengui Award for Best Educational Documentary.
Namun setelah keberhasilan itu, entah kenapa, ia memilih berkelana ke beberapa negara di benua Asia, Eropa, dan Amerika. Selama bertualang itulah ia menemukan jati diri yang sebenarnya. Ia kemudian meyakinkan dirinya sendiri bahwa ia akan serius menekuni dunia film tetapi khusus film komedi. Pada periode inilah ia mengubah namanya jadi Yahoo Serious.
Dalam perjalan ke Amazon ia menemukan ide untuk membuat film komedi tentang ilmuwan Albert Einstein. Maka lahirlah Young Einstein yang diluncurkan pada tahun 1988. Fil ini ia tulis sendiri, sutradai sendiri, sekaligus ia menjadi produser dan aktornya juga. Tak diduga film ini sukses luar biasa dan mencapai box office dunia. Biaya produksinya sebenarnya ia kumpulkan dari hasil menjual mobilnya. Kamera untuk membuat filmnya ia pinjam. Namun hasilnya, penjualan Young Einstein mencapai US$ 100 juta. Film ini diputar di berbagai Negara. Di Amerika, Young Enstein bahkan menjadi film Autralia tersukses.
Sejak saat itulah nama Yahoo Serious menjadi terkenal. Wajahnya muncul di cover majalah Time, diwawancarai di program unggulan televise dunia dan lain sebagainya. Dan berkat kepopuleran itu, ia menggugat Yahoo!, website search engine, pada Agustus 2000. Gugatan itu dilayangkannya atas dugaan pelanggaran mereka dagang. Namun kasus ini tak berlanjut atau produk dengan nama “Yahoo” dan dia juga tidka bisa membuktikan menderita kerugian akibat lahirnya search engine Yahoo! Itu.
Meski gagal menggugat dan kini, munkgin, Yahoo! Lebih popular darinya, Yahoo cukup bahagia atas prestasi yang dibuatnya. Kini Yahoo Serious sukses sebagai actor, sutradara, penulis, produser, dan visual artist. Boleh jadi prestasi itu karena terdongkrak nama barunya.[]

Sumber isi: Tulisan di atas dimuat dalam majalah motivasi Luar Biasa pada September 2012, halaman 12-13.
Ket.gbr: Foto Yahoo Serious.



No comments:

Post a Comment