Kenali Kepribadian Diri Anda - Yakusa Blog

Yakusa Blog

Mewujudkan Komunitas Intelektual Muslim

Sunday 26 November 2017

Kenali Kepribadian Diri Anda

YakusaBlog- Berbicara tentang kepribadian diri dalam psikologi sungguh sangat menarik. Kepribadian yang kita miliki adalah aset terbaik yang telah berikan Tuhan kepada diri kita. Saya katakan menjadi aset terbaik apabila kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Setiap dari kita harus mengenali kepribadian dalam diri kita. seperti apakah kepribadian diri kita? Jenis kepribadian apakah yang ada dan menonjol pada diri kita? Jenis kepribadian apakah yang menonjol dari orangtua kita, teman-teman kita dan teman hidup (kekasih) kita?
Florence Litteur, dalam bukunya yang terkenal, Pernonality Plus, berpendapat bahwa dalam diri manusia itu ada kepribadian-kepribadian plus. Maksudnya, dalam diri kita ini terdapat lebih dari satu kepribadian tapi satu yang lebih menonjol. Florence membagai kepribadian plus itu ke dalam empat macam, antara lain:
A.     Kepribadian Sanguinis
Kepribadian sanguinis dikenal dengan sifatnya ekstrovert, pembicara, dan optimis. Sanguinis mempunyai kepribadian plus yang populer. Seperti: (1) Emosi sanguinis populer. Dengan ciri-ciri, kepribadian yang menarik; suka berbicara; menghidupkan pesta; rasa humor yang hebat; ingatan kuat untuk warna; secara fisik memukai pendengar; emosional dan demonstratif; antusias dan ekspresif; periang dan penuh semangat; penuh rasa ingin tahu; baik di panggung; lugu dan polos; hidup di masa sekarang; mudah diubah; berhati tulus; selalu kekanak-kanakan. (2) Sanguinis populer di pekerjaan. Dengan ciri-ciri, suka relawan untuk tugas; memikirkan kegiatan baru; tampak hebat di permukaan; kreatif dan inovatif; punya energi dan antusiasme; mulai dengan cara cemerlang; mengilhami orang lain untuk ikut; dan mempesona orang lain untuk bekerja. (3) Sanguinis populer sebagai teman. Dengan ciri-ciri, mudah berteman; mencintai orang; suka dipuji; tampak menyenangkan; dicemburui orang lain; bukan pendendam; cepat minta maat; mencegah saat membosankan; dan suka kegiatan spontan. (4) Sanguinis populer sebagai orangtua. Dengan ciri-ciri, membuat rumah menyenangkan; disukai teman anak-anak; mengubah bencana menjadi humor; dan merupakan pemimpin sirkus.                                               
B.     Kepribadian Melankolis
Kepribadian sanguinis dikenal dengan sifatnya yang introvert, pemikir, dan pesimis. Melankolis mempunyai kepribadian plus yang sempurna. Seperi: (1) Emosi melankolis sempurna. Dengan ciri-ciri, mendalam dan penuh pikiran; analitis; serius dan tekun; cenderung jenius; berbakat dan kreatif; artistik atau musikal; filosofis dan puitis; menghargai keindahan; perasa terhadap orang lain; suka berkorban; penuh kesadaran; penuh kesadaran; dan idealis. (2) Melankolis sempurna di pekerjaan. Dengan ciri-cirinya, berorientasi jadwal; perfeksionis, standar tinggi; sadar perincian; gigih dan cermat; tertib dan terorganisasi; teratur dan rapi; ekonomis; melihat masalah; mendapat pemecahan kreatif; perlu menyelesaikan apa yang dimulai; dan suka diagram, grafik, bagan, daftar. (3) Melankolis sempurna sebagai teman. Dengan ciri-cirinya, hati-hati dalam berteman; puas tinggal di latar belakang; menghindari perhatian; setia dan berbakti; mau mendengar keluhan; bisa memecahkan masalah orang lain; sangat memperhatikan orang lain; terharu oleh air mata penuh belaskasihan dan mencari teman hidup ideal. (4) Melankolis sempurna sebagai orangtua. Dengan ciri-cirinya, menetapkan standar tinggi; ingin segalanya dilakukan dengan benar; menjaga rumah selalu rapi; merapikan barang anak-anak; mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain; dan mendorong intelegensi dan bakat.
C.      Kepribadian Koleris
Kepribadian koleris dikenal dengan sifatnya yang ekstrovert, pelaku dan optimis. Mempunyai kepribadian yang kuat. Seperti: (1) Emosi koleris itu sangat kuat. Dengan ciri-ciri berbakat pemimpin; dinamis dan aktif; sangat memerlukan perubahan; harus memperbaiki kesalahan; berkemauan kuat dan tegas; tidak emosional bertindak; tidak mudah patah semangat; bebas dan mandiri; memancarkan keyakinan da bisa menjalankan apa saja. (2) Kepribadian koleris sangat kuat di pekerjaan, dengan ciri-cirinya, berorientasi target; melihat seluruh gambaran; terorganisasi dengan baik; mencari pemecahan praktis; bergerak cepat untuk bertindak; mendelegasikan pekerjaan; menekankan padan hasil; membuat target; merangsang kegiatan; dan berkembang karena saingan. (3) Koleris kuat sebagai teman, dengan ciri-ciri, tidak terlalu membutuhkan teman; mau bekerja untuk kegiatan; mau memimpin dan mengorganisir; biasanya selalu benar; dan unggul dalam keadaan darurat. (4) Koleris kuat sebagai orangtua, dengan ciri-ciri, memberikan kepemimpinan yang kuat; selalu menetapkan tujuan; pandai memotivasi keluarga untuk kelompok; tahu jawaban yang benar; dan pandai mengorganisir rumah tangga.
D.     Kepribadian Phlegmatis
Kepribadian phlegmatis dikenal dengan sifatnya yang introvert, pengamat dan pesimis. Seperti: (1) Emosi phlegmatis damai. dengan ciri-cirinya, kepribadian rendah hati; mudah bergaul dan santai; diam, tenang dan mampu; sabar, baik keseimbangannya; hidup konsisten; tenang tetapi cerdas; simpatik dan baik hati; menyembunyikan emosi; bahagia menerima kehidupan; dan serba guna. (2) Phlegmatis damai di pekerjaan. Dengan ciri-ciri, cakap dan mantap; damai dan mudah sepakat; punya kemampuan administratif; menjadi penengah masalah; menghindari konflik; baik di bawah tekanan; dan menemukan cara yang mudah. (3) Phlegmatis damai sebagai teman. dengan ciri-ciri, mudah diajak bergaul; menyenangkan; tidak suka menyinggung; pendengar yang baik; selera humor yang menggigit; suka mengawasi orang; penya banyak teman; dan punya belaskasihan dan perhatian. (4) Phlegmatis damai sebagai orangtua. Dengan ciri-cirinya, menjadi orangtua yang baik; menyediakan waktu bagi anak-anaknya; tidak tergesa-gesa; bisa mengambil yang baik dari yang buruk; dan tidak mudah marah.
Demikian jenis kepribadian dan ciri-cirinya yang disebutkan oleh Florence. Tentunya setiap jenis kepribadian tersebut kita rasakan ada di berbagai jenis kepribadian plus tersebut. Akan tetapi, perlu diingat bahwa, ada satu jenis kepribadaina yang lebih menonjol dalam diri kita. Seperti yang telah saya sebutkan di atas tadi.
Dengan mengetahui jenis-jenis kepribadian tersebut, kitapun bisa mengenali diri kita dan orang lain. Yang terpenting lagi dengan mengenali kelemahan dan kelebihan dalam kepribadian diri, kita akan lebih mudah mengubah diri kita dan orang lain. Dan juga dapat memahami serta mempengaruhi orang orang lain.[]

Penulis: Ibnu Arsib
Instruktur HMI Cabang Medan.

Ket.gbr: net/ilustrasi
Sumber gbr: https://www.deviantart.com/

No comments:

Post a Comment